perilaku terpuji

A. ilustrasi mengenai perilaku terpuji


Agama Islam adalah agama yang sempurna, mengatur kehidupan manusia dalam segala aspeknya. Ajaran islam tidak saja hanya mengatur hubungan secara vertikal manusia (hablum minallah) , tetapi juga hubungan secara horizontal dengan sesamanya (hamlum minannas). Karena itulah Islam sebagai ajaran yang sempurna, berpakaian, bertamu, makan, minum, tidur, sampai bagaimana cara mengabdi dan menyembah kepada sang Khalik, Allah Tuhan Yang Maha Esa. Sejak awal agama Islam telah menanamkan kesadaran akan kewajiban pmeluknya untuk menjaga sopan santun (adab) dalam berbagai aspek kehidupan. Karena sopan santun (akhlak) menunjukkan karakteristik kualitas kepribadian seorang muslim. Bahkan Nabi Muhammad saw mengukur kesempurnaan iman seseorang dengan orang yang berbudi pekerti yang baik (Akhlak Karimah) untuk memberikan gambaran lebih rinci berikut akan dibahas adab berpakaian, behias, dalam perjalanan, bertamu dan menerima tamu.

B. pengertian akhlak terpuji 
    secara bahasa akhlak berasal dari bahasa arab "khulkun" artinya taubat budi pekerti. menurut istilah akhlak artinya adalah sebagai berikut
  1. menurut ibnu maskawih dalam kitab tahzibul akhlak yaitu keadaan jiwa seseorang yang mendorong nya untuk melakukan perbuatan tanpa melalui pertimbangan akal pikiran
  2. menurut iman ghazali dalam kitab ihya 'ulumuddin yaitu sifat yang bertemu dalam jiwa, yang dari pada nya timbul perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pertimbangan akal pikiran dan angan-angan
akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari sangat di perlukan, baik secara invidu, baik secara anggota masyarakat. akhlak terpuji dapat tercermin dari cara berpakaian, cara berhias, perjalanan, bertamu, dan cara menerima tamu seseorang.

C. adap berpakaian
     Pakaian sebagai kebutuhan dasar bagi setiap orang dalam berbagai zaman dan keadaan. Islam sebagai ajaran yang sempurna, telah mengajarkan kepada pemeluknya tntang bagaimana tata cara berpakaian. Berpakaian menurut Islam tidak hanya sebagai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi setiap orang, tetapi berpakaian sebagai ibadah untuk mendapatkan ridha Allah. Oleh karena itu setiap orang muslim wajib berpakaian sesuai dengan ketentuan yang ditetap Allah. Untuk memberikan gambaran yang jelas tntang adab berpakaian dalam Islam, berikut ini akan dijelaskan pengertian adab berpakaian, bentuk akhlak berpakaian, nilai positif berpakaian dan cara membiasakan diri berpakaian sesuai ajaran Islam.

  1. pengertian pakaian adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang sesuai dengan situasi dan kondisi dimana seorang berada. Pakaian memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan seorang, guna melindungi tubuh dari semua kemungkinan yang merusak ataupun yang menimbulkan rasa sakit. Dalam Bahasa Arab pakaian disebut dengan kata "Libaasun-tsiyaabun". Dan dalam Kamus Besar Bahasa Indonsia, pakaian diartikan sebagai "barang apa yang biasa dipakai oleh seorang baik berupa baju, jaket, celana, sarung, selendang, kerudung, jubah, surban dan lain sebagainya  Secara istilah, pakaian adalah segala sesuatu yang dikenakan seseoang dalam bebagai ukuran dan modenya berupa (baju, celana, sarung, jubah ataupun yang lain), yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya untuk suatu tujuan yang bersifat khusus ataupun umum. Tujuan bersifat khusus artinya pakaian yang dikenakan lebih berorientasi pada nilai keindahan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi pemakaian.
  2. dasar-dasar berpakaian Allah swt berfirman"wahai anak adam sesungguhnya kami telah menurunkan kepada mu pakaian untuk menutupi aurat mu dan pakaian indah untuk perhiasan. akan tetapi, pakaian takwa itu lebih baik, demekian inilah tanda-tanda(karunia) Allah agar mereka selalu mengingat.
  3. tata cara berpakaian
  • membaca basamalah dan niat
  • ketika memakai pakaian dimulai dengan anggota badan sebelah kanan
  • tidak boleh memakai pakaian yang menyerupai pakaian yang berlainan jenis
D. adap berhias 
Berhias adalah naluri yang dimiliki oleh setiap manusia. Berhias telah menjadi kebutuhan dasar manusia sesuai dengan tingkat peradaban, tingkat sosial di masyarakat. Berhias dalam ajaran Islam sebagai ibadah yang berorientasi untuk mndapatkan ridha Allah. Untuk memberikan uraian yang lebih detail tentang akhlak berhias, berikut akan dibahas tentang ; pengetian akhlak berhias, bentuk akhlak berhias, nilai positif akhlak berhias, membiasakan akhlak berhias dalam kehidupan sehari-hari, tentunya sesuai dengan nilai Islam
  1. pengertian berhias artinya mengenakan atau memakai pakaian, perhiasan, wewangian, dan merapikan bagian dari nggota badan. upaya berhias di lakukan dalam rangka menampilkan diri lebih menarik di hadapan orang lain
  2. dasar-dasar berhias Allah swt berfirman "katakanlah siapa yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah di keluarkan nya untuk hamba-hamba nya dan( siapa pulakah yang mengharamkan) rezeki yang baik? katakan lah semuanya itu di sediakan bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus nya untuk mereka saja di hari kiamat"
tata cara berhiasAgama Islam telah memberikan rambu-rambu yang tegas agar setiap muslim mengindahkan kaidah berhias yang meliputi :
  • Niat yang lurus, yaitu berhias hanya untuk beribadah, artinya segala bentuk kegiatan berhias diorientasikan sebagai bentuk nyata bersyukur atas nikmat dan bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.
  • Dalam berhias tidak dibenarkan menggunakan bahan-bahan yang dilarang agama 
  • Dilarang berhias dengan menggunakan simbol-simbol non muslim (salib dll)
  • Tidak berlebih-lebihan      Dilarang berhias seperti cara berhiasnya orang-orang jahiliyah
  •  Berhias menurut kelaziman dan kepatutan dengan memperhatikan jenis kelamin
  • Dilarang berhias untuk keperluan berfoya-foya atau pun riya'
Islam telah memberikan batasan-batasan yang jelas agar manusia tidak tertimpa bencana karena nalurinya yang cenderung mengikuti hawa nafsunya. Sebab seringkali naluri manusia berubah menjadi nafsu liar yang menyesatkan dan akan menimbulkan bencana bagi kehidupan manusia.


TERIMAKASI TELAH BERKUNJUNG

No comments:

Post a Comment